Home » , , , , , » Efek Animasi Loading dengan Event `beforeunload`

Efek Animasi Loading dengan Event `beforeunload`

Loading

Sebelumnya Saya pernah menuliskan cara membuat efek animasi loading pada saat halaman berpindah dengan cara menyeleksi semua tautan internal untuk memicu tampilnya overlay/tabir animasi saat tautan tersebut diklik. Tapi metode ini memiliki dua kelemahan:

Pertama, menyeleksi semua tautan internal dengan selektor atribut sebenarnya tidak begitu baik karena selektor atribut itu performanya buruk.

Ke dua, jika kita mengeklik tautan internal yang memiliki atribut target='_blank' di dalamnya, tautan tersebut akan terbuka di tab baru. Tapi efek animasi memuat halaman justru terpicu pada halaman sebelumnya, padahal kita tidak menghendaki itu ⇒ #c8644667892985451185. Saya sudah berhasil mengakalinya dengan cara memfilter tautan internal tersebut dengan cara mengecualikan tautan yang memiliki atribut target='_blank' menggunakan JQuery .filter():

$internalLinks.filter(':not([target="_blank"])').click(function() {});

Tapi mulai sekarang lebih baik kita lupakan cara lama tersebut. Kita bisa menciptakan efek animasi perpindahan halaman dengan aman menggunakan event beforeunload.

beforeunload adalah event yang akan terpicu saat sebuah halaman mulai berpindah karena seorang pengguna mengeklik tautan tertentu (atau sekedar memuat ulang halaman dengan cara mengeklik tombol Reload pada peramban) yang memicu mereka untuk keluar dari halaman tersebut:

$(window).on("beforeunload", function() {
// Menampilkan tabir animasi dengan efek `.fadeIn()`...
});

Kali ini tabir animasi ditampilkan bukan karena terpicu oleh aksi klik pada tautan melainkan karena aksi halaman yang mulai berpindah. Sehingga kita bisa merancang ulang tabir animasi perpindahan halaman dengan cara ini:

Anggaplah JQuery sudah terpasang di blog kita. Pertama, masuklah ke halaman editor HTML template, kemudian letakkan kode CSS ini di atas ]]></b:skin> atau </style>:

#page-loader {
position:fixed !important;
position:absolute;
top:0;
right:0;
bottom:0;
left:0;
z-index:9999;
background-color:black;
color:white;
padding:1em 1.2em;
display:none;
}

Kemudian sisipkan kode ini di atas </body>:

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Menyisipkan markup tabir animasi
$(document.body).append('<div id="page-loader">Loading...</div>');
// Saat halaman aktif terpicu untuk berpindah/keluar menuju halaman lain...
$(window).on("beforeunload", function() {
// ... tampilkan tabir animasi dengan efek `.fadeIn()`
$('#page-loader').fadeIn(1000).delay(6000).fadeOut(1000);
});
//]]>
</script>

Klik Simpan Template.

Demo

0 komentar:

Posting Komentar